13 Manfaat Penting dari Acai Berry

Loader Link – Buah ini bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan membantu penurunan berat badan, perawatan kulit, dan pencernaan. Mereka juga membantu mengurangi alergi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tingkat energi. Buahnya adalah afrodisiak, penguat otak, dan senjata hebat melawan penuaan dini, dan kelelahan atau keletihan yang tidak bisa dijelaskan. Secara keseluruhan, buah Berry kecil yang ajaib ini dapat memiliki dampak besar pada kesehatan Anda!

Apa itu Acai Berry?

13 Manfaat Penting dari Acai Berry

Acai berry berasal dari pohon acai, yang banyak ditemukan di Amazon Basin. Acai palm dan berry milik genus Euterpe dan ada delapan spesies utama, terutama tumbuh di rawa dan dataran banjir. Mereka mewakili makanan pokok utama suku-suku asli, dan nilai gizi membuat buah ini penting bagi kesehatan mereka secara keseluruhan, kadang-kadang membuat lebih dari 25% dari asupan volume makanan mereka.

Acai berry adalah salah satu solusi organik terbaru dan terpopuler untuk berbagai masalah kesehatan. Ini sedang digunakan secara aktif oleh praktisi medis alternatif. Varietas yang berbeda sering dikatakan memiliki manfaat yang berbeda, dengan acai berry putih tidak sekuat atau sekuat varietas merah tua atau ungu. Berry memiliki biji besar di bagian tengah yang membentuk sekitar 80% dari buah, tetapi endokarp yang tersisa, pulp, dan kulit semuanya mengandung nutrisi yang bermanfaat.

Nilai Gizi Acai Berry

Fakta Gizi, Minuman Acai berry tanpa diperkaya zat lainnya.

Ukuran Porsi: 100g Nutrisi dan Nilai

  • Air [g] 84,88
  • Energi [kkal] 62
  • Protein [g] 0,83
  • Total lipid (lemak) [g] 0,83
  • Karbohidrat, dengan perbedaan [g] 12,83
  • Serat, makanan total [g] 1.2
  • Gula, total [g] 11.1
  • Kalsium, Ca [mg] 19
  • Besi, Fe [mg] 0,16
  • Magnesium, Mg [mg] 11
  • Fosfor, P [mg] 13
  • Kalium, K [mg] 130
  • Sodium, Na [mg] 13
  • Seng, Zn [mg] 0,11
  • Vitamin C, asam askorbat total [mg] 42.1
  • Thiamin [mg] 0,03
  • Riboflavin [mg] 0,04
  • Niasin [mg] 9,06
  • Vitamin B-6 [mg] 1.1
  • Folat, DFE [µg] 4
  • Vitamin B-12 [µg] 3.4
  • Vitamin A, RAE [μg] 485
  • Vitamin A, IU [IU] 9698
  • Vitamin E (alfa-tokoferol) [mg] 11.11
  • Vitamin D (D2 + D3) [ug] 0
  • Vitamin D [IU] 0
  • Vitamin K (phylloquinone) [ug] 16,7
  • Asam lemak, total jenuh [g] 0
  • Asam lemak, total tak jenuh tunggal [g] 0
  • Asam lemak, total tak jenuh ganda [g] 0
  • Kolesterol [mg] 0
  • Kafein [mg] 0

Sumber termasuk: USDA

Menurut Database Nutrien Nasional USDA, acai berry mengandung karbohidrat, serat makanan, lemak sehat, dan protein dan kaya akan vitamin dan mineral. Mereka mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin C. Di antara mineral, acai berry mengandung kalsium, zat besi, kalium, dan natrium.

Manfaat kesehatan dari Acai Berry

Manfaat kesehatan dari acai berry yang paling banyak diteliti dijelaskan di bawah ini.

Tingkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Acai berry mengandung tingkat tinggi anthocyanin, yang merupakan bentuk antioksidan tanaman, sesuai penelitian oleh Dr. Susanne Mertens-Talcott, dkk., Texas A&M University. Antioksidan mencari dan menghilangkan radikal bebas yang bertanggung jawab atas berbagai macam penyakit dan kondisi, termasuk penyakit jantung. Antosianin juga terkait dengan mengatur kolesterol darah dengan mengurangi LDL (kolesterol jahat), sehingga menurunkan risiko aterosklerosis, stroke, dan serangan jantung, menurut Journal of Atherosclerosis and Thrombosis.

Mengatur Tekanan Darah

Acai berry memiliki banyak sterol tanaman, yang bertindak sebagai vasodilator dan mengendurkan pembuluh darah untuk mengurangi tekanan darah, kata The American Journal of Clinical Nutrition. Ini mencegah pembekuan darah yang dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung dan umumnya meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi darah.

Menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa bubur acai berry dapat membantu menurunkan berat badan. Ini tidak hanya merangsang penurunan berat badan tetapi juga membantu orang mempertahankan berat badan yang sehat dengan mengurangi dampak negatif dari diet tinggi lemak. Dalam beberapa tahun terakhir, acai suplemen penurun berat badan dan pil telah menjadi sangat populer dan meskipun hasilnya tidak berhasil, ada sejumlah kesaksian positif mengenai hal yang sama.

Satu studi menemukan bahwa 30 hari penggunaan acai berry menghasilkan kadar insulin dan glukosa puasa yang lebih rendah, serta penurunan kadar kolesterol total. Kandungan serat acai berry yang tinggi juga dapat mengurangi nafsu makan dan menghentikan rasa lapar yang terkait dengan makan berlebih dan penambahan berat badan.

Perawatan kulit

Jurnal Phytochemistry Letters mengatakan bahwa sifat antioksidan dari acai berry powder membantu dalam perawatan kulit. Minyak acai sering digunakan dalam produk kosmetik karena antioksidan dalam minyak dapat meredakan iritasi dan kemerahan serta melembabkan kulit. Juga, jika acai berry dicerna, mereka dapat memBerry kulit cahaya yang sehat dan menarik. Bahkan, di Brasil, bubur acai berry telah digunakan secara turun-temurun untuk mengobati atau mengurangi jumlah kondisi dan penyakit kulit.

Membantu Pencernaan

Jus Acai berry memiliki efek detoksifikasi yang kuat pada tubuh manusia, yang membantu membersihkan sistem pencernaan tubuh dan menghilangkan penumpukan racun berbahaya. Ini mengandung serat alami, yang membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan. Ini meningkatkan pergerakan usus, membuat proses ekskretoris teratur, dan mengurangi kemungkinan sembelit dan masalah pencernaan yang tidak nyaman lainnya. Mengkonsumsi acai berry yang kaya serat juga dapat memBerrykan feses yang banyak dan mengurangi kemungkinan diare.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Jus Acai adalah sumber vitamin C yang luar biasa, yang dikenal sebagai penambah kekebalan tubuh. Sifat antioksidannya melawan radikal bebas dan membuat Anda tetap sehat, jauh dari banyak penyakit yang mengancam jiwa.

Kaya akan Antioksidan

Laporan penelitian yang dipimpin oleh Alexander G. Schauss, Ph.D et al. menunjukkan bahwa acai berry memiliki potensi antioksidan yang sangat tinggi, yang membantu mengais radikal bebas. Antioksidan juga menunjukkan potensi anti-inflamasi.

Tingkatkan Energi

Ekstrak acai berry adalah suplemen terkenal yang digunakan untuk meningkatkan energi instan. Ini juga membantu dalam memerangi kelelahan dan kelelahan mental. Ini dikonfirmasi oleh sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism.

Zat perangsang hubungan suami istri

Meskipun dampak langsung dari acai berry pada stamina dan dorongan hubungan suami istri tidak sepenuhnya diketahui, mereka memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Karena kurangnya aliran darah adalah salah satu penyebab utama disfungsi ereksi dan kurangnya stamina hubungan suami istri, jus acai berry umumnya digunakan sebagai obat alternatif untuk membantu orang dengan kondisi ini.

Memperlambat Penuaan Dini

Acai berry memperlambat proses penuaan karena tingginya tingkat antioksidan. Antioksidan menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit, rambut, gigi, dan kesehatan mata, yang sering dikaitkan dengan penuaan dini. Konsumsi jus acai berry secara teratur membantu mengurangi efek merusak dari radikal bebas, kerusakan gigi, kerontokan rambut, degenerasi makula, dan pembentukan katarak. Juga, pengaplikasian minyak acai pada area kulit tertentu membantu mencegah pembentukan kerutan. Joseph Fowler dari University of Louisville dalam sebuah penelitian yang dikutip dalam Journal of drugs in dermatology berbicara tentang acai berry yang sangat bermanfaat melawan hiperpigmentasi. Kerusakan oksidatif seluler dan berbagai jenis peradangan juga dapat dikurangi dengan seringnya penggunaan acai berry. Namun, komponen spesifik dari acai berry belum diidentifikasi yang memBerrykan kemampuan kesehatan yang kuat.

Tingkatkan Kognisi Tubuh

Dalam hal kesehatan dan fungsi otak, Nutritional Neuroscience menunjukkan hubungan antara jus acai berry dan peningkatan fungsi mental dan ketajaman pikiran. Buah Berry juga meningkatkan daya ingat dan melindungi otak dari perkembangan gangguan saraf.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Acai berry memiliki sifat anti-inflamasi karena ekstrak air acai berry digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka.

Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Sifat antioksidan dari acai berry adalah aspek yang paling terkenal, dan mereka juga dapat memanfaatkan metabolisme dan fungsi seluler yang sehat. Mereka mengurangi kemungkinan apoptosis yang tidak sehat (kematian sel) dan meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi sel dan terjemahan selanjutnya menjadi energi yang bermanfaat.

Cara Penggunaan Acai Berry

Ada banyak kegunaan acai berry, termasuk yang Berikut:

  • Ada sejumlah besar produk kosmetik yang mengandung minyak acai berry, karena khasiat pengayaan kulit di dalamnya.
  • Buah ini juga banyak digunakan dalam jus, pil diet, salad, serta sumber makanan ternak yang baik untuk meningkatkan kesehatan hewan.
  • Secara tradisional, daunnya juga digunakan untuk membuat tikar, topi, sapu, dan bahan atap untuk rumah jerami.

Cara makan Acai Berry?

Ada banyak cara berbeda untuk makan acai berry, di bawah ini kami membahasnya secara rinci. Mari lihat.

  • Berry acai segar bisa dimakan mentah. Mereka tahan lama di alam sehingga digunakan untuk konsumsi langsung.
  • Mereka juga tersedia dalam bentuk lain yang memiliki umur simpan lebih lama, termasuk pure buah beku, jus, dan bubuk.
  • Acai berry dapat digunakan dalam menyiapkan berbagai makanan seperti jelly bean, es krim, dll.
  • Cara paling enak untuk memakan buah Berry ini adalah dengan membuat ‘mangkuk acai’. Itu dibuat dengan menyiapkan acai pure dan atasnya dengan madu, granola atau muesli.

Acai Berry Sebagai Pembersih

Acai berry adalah rejimen detoksifikasi yang membantu dalam pembersihan usus besar dan penurunan berat badan. Jus Acai adalah faktor terpenting di sini dan itu bekerja lebih baik daripada suplemen yang tersedia di pasaran. Pembersih menyapu racun dari tubuh dan meningkatkan waktu buang air besar secara teratur, mengobati sembelit, dan meningkatkan energi.

Efek samping Acai Berry

Meskipun jelas bahwa mengkonsumsi acai berry dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan digunakan oleh jutaan orang untuk melindungi diri dari berbagai penyakit, ada risiko yang melekat dalam mengambil berry yang sehat dan ajaib ini.

  • Alergi terhadap serbuk sari: Jika Anda memiliki alergi terhadap serbuk sari atau buah-buahan lainnya, berhati-hatilah sebelum menambahkannya ke dalam makanan Anda, dan konsultasikan dengan dokter Anda untuk tes alergen yang diperbarui.
  • Efek tambahan: Bahan tambahan yang ditambahkan ke suplemen dapat mengurangi manfaat buah, atau bahkan terbukti berbahaya bagi kesehatan Anda. Aditif yang paling umum adalah kafein, yang memBerrykan dorongan energi instan yang orang kaitkan dengan aktivitas sehat dalam tubuh.
  • Kadar gula tinggi: Buah dan jusnya mengandung gula dan kalori, yang dapat merusak upaya penurunan berat badan dan juga bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Selain risiko-risiko ini, acai berry dapat memBerry Anda banyak manfaat kesehatan untuk meningkatkan tubuh dan pikiran Anda!