16 Manfaat Buah Pisang yang Mengejutkan

Loader Link – Manfaat kesehatan dari pisang termasuk membantu menurunkan berat badan, mengurangi obesitas, menyembuhkan gangguan usus, menghilangkan sembelit, dan kondisi seperti disentri, anemia, radang sendi, asam urat, dan gangguan ginjal dan kencing.

Pisang juga dapat membantu mengatasi masalah menstruasi dan luka bakar. Ini baik untuk mengurangi tekanan darah, melindungi kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme dan kekebalan, mengurangi keparahan borok, memastikan mata sehat, membangun tulang yang kuat, dan mendetoksifikasi tubuh.

Apa itu Pisang?

Pisang adalah buah tropis yang memiliki bubur lunak di dalam kulitnya yang berdaging. Buah-buahan ini memanjang dan sedikit melengkung dan tumbuh dalam kelompok di dekat bagian atas tanaman berbuah. Pisang tersedia dalam berbagai warna, termasuk hijau, merah, kuning, dan cokelat (saat matang). Pohon pisang adalah tanaman herba berbunga terbesar di dunia. Nama ilmiah pisang adalah Musa acuminata. Satu porsi atau 126 gram pisang mengandung sekitar 110 kalori dan 30 gram karbohidrat.

Pisang dapat dimakan langsung saat matang atau dapat dimasukkan dalam salad buah, jus, dan getar. Juga, mereka membuat topping yang baik untuk sereal sarapan atau camilan untuk ledakan energi cepat. Pisang sekarang ditanam di lebih dari 100 negara di seluruh dunia dan juga dapat digunakan untuk membuat serat, anggur pisang, dan termasuk dalam dekorasi hias.

Nutrisi dan Gizi Pisang

Menurut USDA, pisang adalah sumber yang kaya protein, kalium, karbohidrat, dan serat makanan. Mereka memiliki nol lemak dan kolesterol, serta natrium yang dapat diabaikan. Kandungan nutrisinya yang mengesankan meliputi vitamin seperti vitamin C, vitamin B6, riboflavin, folat, asam pantotenat, dan niasin, serta sejumlah kecil vitamin lainnya. Pisang juga mengandung mineral seperti fosfor, kalsium, mangan, magnesium, dan tembaga.

Fakta Gizi Pisang

Ukuran Porsi: 100g Nutrisi dan Nilai

  • Air [g] 74,91
  • Energi [kkal] 89
  • Protein [g] 1,09
  • Total lipid (lemak) [g] 0,33
  • Karbohidrat, berdasarkan perbedaan [g] 22,84
  • Serat, makanan total [g] 2.6
  • Gula, total [g] 12,23
  • Kalsium, Ca [mg] 5
  • Besi, Fe [mg] 0,26
  • Magnesium, Mg [mg] 27
  • Fosfor, P [mg] 22
  • Kalium, K [mg] 358
  • Sodium, Na [mg] 1
  • Seng, Zn [mg] 0,15
  • Vitamin C, asam askorbat total [mg] 8,7
  • Thiamin [mg] 0,03
  • Riboflavin [mg] 0,07
  • Niasin [mg] 0,67
  • Vitamin B-6 [mg] 0,37
  • Folat, DFE [μg] 20
  • Vitamin B-12 [µg] 0
  • Vitamin A, RAE [μg] 3
  • Vitamin A, IU [IU] 64
  • Vitamin E (alfa-tokoferol) [mg] 0,1
  • Vitamin D (D2 + D3) [ug] 0
  • Vitamin D [IU] 0
  • Vitamin K (phylloquinone) [ug] 0,5
  • Asam lemak, total jenuh [g] 0,11
  • Asam lemak, total tak jenuh tunggal [g] 0,03
  • Asam lemak, total tak jenuh ganda [g] 0,07
  • Asam lemak, total trans [g] 0
  • Kolesterol [mg] 0
  • Kafein [mg] 0

Sumber termasuk: USDA

Manfaat Pisang bagi Kesehatan

Pisang memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, yang meliputi:

Atasi Darah rendah

Penelitian yang dilakukan di Hypertension Institute, AS menyatakan bahwa potasium memainkan peran kunci dalam mengelola tingkat tekanan darah yang sehat. Karena pisang merupakan sumber kalium yang kaya, pisang membantu mengurangi tekanan darah. Potasium membantu meredakan ketegangan di arteri dan vena, sehingga darah dapat mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh dan memberi oksigen pada berbagai organ untuk meningkatkan fungsinya. Ini dapat membantu menghilangkan aterosklerosis dan stroke serta serangan jantung selanjutnya yang sering dikaitkan dengannya. Serat dalam pisang juga mengikis kelebihan kolesterol dari arteri dan pembuluh darah dan selanjutnya mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Mengobati Asma

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2007 di Institut Jantung dan Paru Nasional, Imperial College London, London, Inggris, pisang dapat melindungi anak-anak dari batuk dan banyak gejala asma yang terkait.

Mengobati Sembelit

Pisang mengandung serat makanan dalam jumlah yang signifikan dan karenanya membantu pergerakan usus halus. Serat itu menenangkan proses ekskresi dan meringankan seseorang dari sembelit. Studi menunjukkan bahwa pisang juga membantu dalam mengobati gangguan usus lainnya.

Menyembuhkan Diabetes

Sebuah studi yang dilakukan di Departemen Kedokteran dan Radiologi, Universitas Negeri New York, telah mengungkapkan bahwa pektin, dalam pisang, dikatakan sebagai nutrisi yang membantu meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes. Pisang menyediakan sekitar 3 gram serat makanan, yang bermanfaat bagi penderita diabetes tipe-1 dan tipe-2. Penderita diabetes tipe-1 mungkin telah menurunkan kadar glukosa darah dan tipe-2 mungkin telah meningkatkan kadar glukosa darah.

Mempertahankan Memori dan Meningkatkan Mood

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, asam amino triptofan dan antioksidan seperti dopamin, dalam pisang, memainkan peran penting dalam meningkatkan suasana hati dan menjaga daya ingat. Selain itu, magnesium membantu mengendurkan otot dan vitamin B6 membantu Anda tidur nyenyak.

Mengobati Anemia

Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Olga P. García, Universitas Otonom Queretaro, Meksiko, menyatakan bahwa pisang mengandung kandungan zat besi yang tinggi dan, oleh karena itu, pisang membantu dalam mengobati anemia karena zat besi adalah bagian penting dari sel darah merah. Pisang juga memiliki kandungan tembaga yang signifikan, yang merupakan elemen penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan meningkatkan jumlah sel darah merah Anda, Anda tidak hanya mencegah anemia, tetapi Anda juga dapat meningkatkan sirkulasi ke seluruh bagian tubuh, sehingga memberi oksigen pada mereka dan mengoptimalkan fungsinya.

Menurunkan berat badan

Pisang bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena satu pisang memiliki sekitar 90 kalori saja. Mereka mengandung banyak serat juga dan mudah dicerna. Selain itu, mereka tidak mengandung lemak. Oleh karena itu, orang yang kelebihan berat badan tidak harus makan terlalu banyak jika diet mereka mengandung pisang karena mereka sangat mengenyangkan. Serat tersebut juga tidak akan membuat orang merasa lapar dengan menghambat pelepasan hormon lapar, ghrelin. Ini akan mengurangi makan berlebih dan juga membantu penurunan berat badan. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 juga menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang dapat membantu meningkatkan metabolisme, sehingga membantu dalam penurunan berat badan.

Perkuat Tulang

Kehadiran fructooligosaccharide, suatu prebiotik, adalah bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan kita yang meningkatkan asupan mineral dan nutrisi oleh tubuh. Pisang juga terkait dengan peningkatan penyerapan kalsium. Kalsium adalah elemen paling penting dalam produksi dan pertumbuhan kembali materi tulang dalam tubuh. Ini mengurangi kemungkinan kita terkena osteoporosis dan kelemahan alami.

Sebagai anti-inflamasi

Penelitian kolektif di Departemen Farmasi, Universitas Aston, Birmingham, Inggris dan Sekolah Ilmu Kesehatan dan Olahraga, Universitas London Utara, Inggris, menunjukkan bahwa senyawa di dalam pisang bersifat anti-inflamasi, yang berarti bahwa mereka dapat mengurangi pembengkakan, peradangan, dan iritasi dari kondisi seperti radang sendi dan asam urat.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Pisang, seperti banyak buah-buahan lainnya, dikemas dengan antioksidan dan karotenoid, serta campuran mineral yang sehat yang dapat secara serius meningkatkan kesehatan mata Anda. Degenerasi makula, katarak, rabun senja, dan glaukoma semuanya telah terbukti berkurang dengan asupan normal pisang dan buah-buahan serupa lainnya.

Menambah Berat Badan

Pisang bisa bermanfaat untuk menambah berat badan. Ketika dikonsumsi dengan susu, pisang membantu meningkatkan berat badan seseorang dengan cepat. Susu menyediakan protein yang diperlukan dan pisang menyediakan gula. Selain itu, karena pisang mudah dicerna, orang yang kekurangan berat badan dapat menelan 5-6 pisang dalam sehari selain dari makanan biasa tanpa mengalami gangguan pencernaan. Ini mengarah pada asupan tambahan 500-600 kalori, yang sangat diperlukan untuk penambahan berat badan. Karena pisang memiliki kemampuan untuk menyediakan energi instan, olahragawan makan pisang selama istirahat di sela-sela permainan untuk tambahan energi.

Sembuhkan Wasir

Pisang telah digunakan sebagai obat alami untuk tumpukan karena kandungan seratnya yang tinggi memudahkan buang air besar. Efek pencahar mencegah segala jenis ketegangan, sehingga memberikan bantuan dan menyembuhkan wasir (pembengkakan pembuluh darah di sekitar daerah anus).

Mengobati Bisul

Secara tradisional, pisang telah digunakan sebagai makanan antasida untuk meredakan sakit perut karena pisang juga dapat menekan sekresi asam. Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Pharmacology mengklaim bahwa pisang memiliki sifat anti-ulcerogenik. Inhibitor protease dalam pisang menghilangkan bakteri berbahaya yang telah dikaitkan dengan pengembangan tukak lambung.

Mencegah Gangguan Ginjal

Sebuah studi tahun 2005 menunjukkan bahwa potasium dan berbagai antioksidan dalam pisang membantu meredakan ketegangan pada ginjal dan mendorong buang air kecil. Ini dapat membantu menjaga agar racun tidak menumpuk di tubuh.

Meredakan Masalah Menstruasi

Aplikasi obat tradisional pisang termasuk penggunaannya sebagai bantuan menstruasi. Bunga pisang yang dimasak membantu meredakan pendarahan yang menyakitkan dan berlebihan selama siklus menstruasi dan juga dapat meringankan tekanan haid lainnya.

Program Diet Pisang

Diet Pisang Pagi untuk menurunkan berat badan menjadi begitu populer sehingga menyebabkan kekurangan pisang di toko makanan Jepang. Rencana diet ini melibatkan konsumsi pisang tanpa batas dengan air di pagi hari, makan siang dan makan malam tanpa batas tetapi tidak ada gurun. Dan tidak makan setelah jam 8:00 malam.

Cara Penggunaan Pisang

Untuk diet yang lebih seimbang, Anda bisa mendapatkan buah pisang dengan salah satu cara berikut:

  • Tambahkan pisang ke dalam mangkuk sereal, gandum, atau muesli untuk menambah nutrisi.
  • Tambahkan pisang beku ke smoothie Anda untuk rasa yang lezat.
  • Tambahkan pisang tumbuk matang dalam makanan yang dipanggang. Ini adalah pengganti yang baik untuk minyak dan mentega dalam masakan.
  • Tambahkan pisang di kue dan cookie. Ini memberi mereka rasa enak.
  • Lapisi pisang dengan kelapa parut dan panggang. Nikmati sebagai camilan atau Anda dapat membekukannya dan memilikinya untuk pencuci mulut.
  • Kupas dan dapatkan langsung

Bagian pisang yang berbeda digunakan untuk memasak di berbagai negara. Buahnya dimakan mentah atau dimasak. Beberapa juga memakan kulit atau kulit pisang, yang juga bergizi. Jantung pisang (bunga) juga digunakan dalam berbagai kari dan sup. Daun pisang digunakan sebagai bahan pembungkus untuk memanggang dan merebus berbagai hidangan. Mereka juga digunakan sebagai tanaman atau wadah biodegradable. Batang tanaman juga digunakan dalam hidangan Burma yang disebut mohinga, yang merupakan mie beras dengan sup ikan.

Pisang Biasa dan Pisang Raja

Perbedaan utama antara pisang biasa dan pisang raja adalah pisang raja lebih kecil, berbintang, dan lebih padat buahnya dan secara tradisional dimakan di Asia dan negara-negara tropis lainnya. Pisang biasa lebih umum ditemukan di Eropa dan Amerika dan buahnya lembut dan gurun.

Efek Samping dari Pisang

Mengkonsumsi pisang mungkin memiliki beberapa efek samping seperti:

  • Tingkat kalium tinggi: Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi untuk penyakit jantung dan hipertensi memiliki kemampuan untuk meningkatkan tingkat kalium dalam tubuh. Ini termasuk beta-blocker dan diuretik. Karena itu, mereka yang dalam pengobatan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan buah pisang ke dalam makanan mereka.
  • Alergi: Mereka yang alergi terhadap pisang mungkin mengalami gatal-gatal, bengkak, gatal-gatal, dan mengi di tenggorokan dan mulut.
  • Pisang mentah: Pisang mentah dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang parah dan harus dimakan hanya dalam bentuk matang.
  • Migrain: Serangan migrain yang sering Anda alami disarankan tidak lebih dari setengah pisang sehari.
  • Gangguan pencernaan: Karena jumlah serat yang banyak, makan terlalu banyak pisang dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan. Ini termasuk kram perut, kembung, gas, dan banyak lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*