7 Manfaat Terbaik Jamur Porcini dan Penggantinya

Loader Link – Makan Jamur Porcini ini merupakan tambahan yang lezat dan padat nutrisi untuk dapur Anda serta memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mengejutkan!

Apa itu Jamur Porcini?

Jamur Porcini

Jamur Porcini adalah jenis jamur yang secara ilmiah dikenal sebagai Boletus edulis tetapi biasanya disebut sebagai sen dolar, cep, atau porcino. Umum di belahan bumi utara, jamur ini bisa tumbuh menjadi cukup besar, dengan tutup coklat tumbuh dengan diameter lebih dari 1 kaki, dan beratnya mencapai 6 pound! Terkenal karena penggunaannya dalam aplikasi kuliner, jamur yang kaya dan berdaging ini merupakan bahan populer dalam pasta, sup, dan risotto. Sementara beberapa jamur liar beracun atau berbahaya untuk dikonsumsi, porcini benar-benar dapat dimakan dan sangat dicari di kalangan kuliner. Jamur ini memiliki aroma yang bersahaja dan kuat, yang memberikan rasa kaya dan bertekstur pada banyak hidangan.

Waktu terbaik untuk mendapatkan porcini segar adalah selama musim semi atau musim gugur, tetapi untuk sisa tahun, mereka tersedia dalam bentuk kering yang juga bisa sangat serbaguna di dapur.

Nutrisi Jamur Porcini

Dalam hal nutrisi, jamur porcini adalah sumber protein dan serat makanan yang sangat baik, dengan 100 gram jamur ini menghasilkan 2 gram serat dan 3 gram protein. Ukuran porsi yang sama hanya memiliki 25 kalori dan sama sekali tidak mengandung lemak. Sedangkan untuk mineral, jamur ini kaya akan kalium, kalsium, dan zat besi, serta vitamin C, vitamin A, dan vitamin B kompleks. Ada juga antioksidan tertentu dalam jamur ini, seperti beta-karoten dan likopen.

Manfaat Kesehatan Jamur Porcini

Manfaat utama memakan jamur porcini termasuk kemampuannya untuk membantu berat badan, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan, dan mengurangi peradangan, antara lain.

Menurunkan berat badan

Rendah kalori, tetapi kaya nutrisi dan serat makanan, jamur ini dapat membantu Anda merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan atau ngemil yang tidak perlu di antara waktu makan.

Sebagai Antioksidan

Dengan kadar beta-karoten, vitamin C, dan lycopene yang baik, jamur ini merupakan sumber antioksidan yang kaya yang dapat melawan stres oksidatif dan peradangan kronis dalam tubuh.

Kesehatan bagi pencernaan

Serat makanan sangat penting untuk pencernaan dan kesehatan usus, dan dengan 2 gram serat dalam setiap 100 gram jamur ini, mereka dapat membantu menghilangkan sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Sebagai Sistem kekebalan tubuh

Dengan tingkat vitamin C yang tinggi, jamur ini dapat meningkatkan pertahanan tubuh dan produksi sel darah putih.

Mencegah Kanker usus besar

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa konsumsi rutin jamur khusus ini dapat membantu menghancurkan sel-sel kanker usus besar dan menyebabkan mereka menjalani apoptosis.

Obati Peradangan

Berbagai senyawa dan zat antiinflamasi dalam jamur ini akan menawarkan bantuan dari artritis, ketegangan otot, dan kondisi peradangan umum lainnya.

Sebagai Anti-Maag

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, tetapi beberapa komponen yang mudah menguap dalam jamur ini diyakini dapat membantu mengurangi ukuran dan tingkat keparahan borok.

Manfaat Sehat Lainnya

Ini juga dapat dimakan untuk memiliki efek hipoglikemik dan antitumorigenik pada tubuh.

Bagaimana Cara Menggunakan Jamur Porcini?

Ada banyak cara untuk menggunakan jamur porcini dalam makanan kita sehari-hari, termasuk yang berikut:

    • Sup
    • Saus pasta
    • Risotto
    • Casserole
    • Gratins

      Anda bisa memanggang jamur ini dengan minyak zaitun, atau memanggangnya dalam oven, tetapi hati-hati jangan sampai terlalu matang. Seperti disebutkan, jamur ini sering dibeli dalam bentuk kering, yang dapat dilembutkan dalam mangkuk air selama 10-15 menit sebelum ditambahkan ke piring. Anda juga dapat menggiling jamur ini untuk menikmati rasanya jika Anda tidak menyukai teksturnya.

      Efek samping Jamur Porcini

      Ada beberapa efek samping potensial yang perlu dipertimbangkan ketika memakan jamur ini, seperti iritasi pada lambung, dan risiko bahwa jamur dapat mengandung logam berat dan racun. Beberapa orang juga alergi terhadap beragam jamur ini. Membeli jamur ini dari toko kelontong yang dapat diandalkan adalah pilihan terbaik, daripada mencoba mengambilnya sendiri dari alam.

      4 Terbaik Pengganti Jamur Porcini

      Favorit lama dari mereka yang mengikuti diet paleo atau vegan, jamur porcini sekarang dimakan hampir di seluruh dunia, berkat rasanya yang khas dan komposisi nutrisi yang kaya. Tetapi bagaimana jika Anda tidak dapat menemukan jamur porcini di toko bahan makanan terdekat atau hanya secara umum?

      Apakah Anda akan menjatuhkan resep pasta atau sup? Anda tidak harus melakukannya! Anda dapat mengganti jamur porcini dengan alternatif menakjubkan lainnya seperti yang disebutkan di bawah ini. Mari kita lihat bersama apa saja yang termasuk penggantinya.

      Banyak pengganti jamur porcini yang menakjubkan termasuk jamur shiitake, jamur porcini kering, minyak truffle, dan banyak lagi.

      Jamur shitake

      Alternatif yang paling dekat dengan jamur porcini, jamur shiitake memiliki rasa yang sedikit kurang bersahaja atau kuat tetapi teksturnya serupa. Mereka lebih mudah tersedia daripada jamur shiitake dan juga lebih murah, sehingga menjadi alternatif yang mudah. Anda juga dapat menggunakan jamur shiitake kering dan merendamnya dalam air untuk menambah kedalaman resep Anda. Mereka dapat digunakan dalam resep pasta dan sup, sebagai topping pizza, dan sebagai lauk dengan daging sapi, ayam, dan ikan.

      Jamur Porcini Kering

      Pengganti yang baik untuk jamur porcini adalah jamur porcini kering karena mudah tersedia dan juga lebih murah. Mereka juga memegang sebagian besar nutrisi dari jamur porcini segar dan meniru rasanya secara efisien. Cukup curam jamur kering ini dalam air selama dua puluh menit dan siap digunakan. Anda juga bisa menggunakan air seduhan dalam resep Anda untuk rasa tambahan.

      Jamur Biasa

      Anda juga bisa mengganti jamur porcini dengan jamur biasa seperti kancing atau cokelat, meskipun rasanya akan sedikit berbeda, tetapi akan mempertahankan tekstur yang sama seperti jamur porcini.

      Minyak Truffle

      Pengganti yang lebih tahan lama untuk jamur porcini, minyak truffle dapat tersedia dengan harga murah. Meskipun tidak memberikan rasa yang sama dengan porcinis, minyak truffle dapat memberikan tekstur yang baik pada hidangan Anda dan menambah rasa.

      Pengganti Lainnya

      Ada juga banyak pengganti lain yang kurang populer yang dapat membantu menggantikan jamur porcini, termasuk di antaranya:

        • Pasta atau bubur tomat
        • Sage atau thyme
        • Saus ikan
        • Timun Jepang

          Sementara rasa jamur sangat bervariasi, jamur juga dikenal untuk menyerap rasa di dekatnya dan sering dimasukkan lebih banyak untuk tekstur mereka daripada rasa yang berani. Jangan takut untuk mencampur dan mencocokkan jamur baik ketika menggantikan porcini.

          Be the first to comment

          Leave a Reply

          Your email address will not be published.


          *