16 Manfaat Terbaik dari Jus Apel

Loader Link – Buah ini adalah salah satu jus buah yang paling populer dan banyak tersedia di dunia karena manfaat kesehatannya yang mengesankan dan nilai gizinya yang padat. Banyak manfaat kesehatan yang sangat baik dari minuman ini termasuk peningkatan kesehatan jantung & pencernaan, detoksifikasi tubuh, peningkatan hidrasi, peningkatan kekebalan, kognisi yang lebih baik, metabolisme yang diperkuat, penurunan berat badan, dan peningkatan kesehatan pernapasan.

Apa itu jus apel?

16 Manfaat Terbaik dari Jus Apel

Jus apel dibuat melalui pengepresan apel, yang ada ratusan varietas di dunia. Dibutuhkan dua buah berukuran sedang untuk membuat satu cangkir jus, itulah sebabnya buah ini ditanam dalam jumlah yang sangat besar. Setelah apel ditekan, sebagian besar jus disaring atau dipasteurisasi lebih lanjut, yang membantu menghilangkan partikel apa pun, menghasilkan konsistensi yang lebih tipis dari jus akhir.

Apel McIntosh adalah jenis apel yang paling umum digunakan untuk membuat jus lezat ini dan Cina adalah produsen apel terbesar di dunia. Sari apel, yang sering dikacaukan dengan jus apel, adalah cairan tanpa filter dan tidak dipasteurisasi yang pada awalnya ditekan dari apel, selain difermentasi.

Nilai Gizi Jus Apel

Jus apel mempertahankan banyak nutrisi penting apel, termasuk vitamin C dan berbagai vitamin B, serta banyak mineral berbeda, seperti magnesium, zat besi, kalsium, mangan, dan tembaga. Beberapa serat juga disimpan dalam jus ini, seperti juga phytochemical, flavonol, dan procyanidins. Satu cangkir juga mewakili sekitar 10% dari karbohidrat harian yang Anda butuhkan, berkat gula alami yang ditemukan di dalamnya. Kalium adalah mineral yang paling terkenal dalam jus ini, dengan satu porsi memberikan sekitar 7% dari asupan harian yang Anda butuhkan.

Fakta Gizi, Ukuran Porsi: 100g

Jus apel, kaleng atau botol, tanpa pemanis, tanpa ditambahkan asam askorbat.

Nutrisi dan Nilai

  • Air [g] 88,24
  • Energi [kkal] 46
  • Protein [g] 0,1
  • Total lipid (lemak) [g] 0,13
  • Karbohidrat, berdasarkan perbedaan [g] 11.3
  • Serat, makanan total [g] 0,2
  • Gula, total [g] 9,62
  • Kalsium, Ca [mg] 8
  • Besi, Fe [mg] 0,12
  • Magnesium, Mg [mg] 5
  • Fosfor, P [mg] 7
  • Kalium, K [mg] 101
  • Sodium, Na [mg] 4
  • Seng, Zn [mg] 0,02
  • Vitamin C, total asam askorbat [mg] 0,9
  • Thiamin [mg] 0,02
  • Riboflavin [mg] 0,02
  • Niasin [mg] 0,07
  • Vitamin B-6 [mg] 0,02
  • Folat, DFE [µg] 0
  • Vitamin B-12 [µg] 0
  • Vitamin A, RAE [μg] 0
  • Vitamin A, IU [IU] 1
  • Vitamin E (alfa-tokoferol) [mg] 0,01
  • Vitamin D (D2 + D3) [ug] 0
  • Vitamin D [IU] 0
  • Vitamin K (phylloquinone) [μg] 0
  • Asam lemak, total jenuh [g] 0,02
  • Asam lemak, total tak jenuh tunggal [g] 0,01
  • Asam lemak, total tak jenuh ganda [g] 0,04
  • Asam lemak, total trans [g] 0
  • Kolesterol [mg] 0
  • Kafein [mg] 0

Sumber termasuk: USDA

Manfaat Kesehatan Jus Apel

Jus apel memiliki banyak manfaat kesehatan, mari kita bahas secara rinci di bawah ini.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kalium ditemukan dalam konsentrasi yang lebih tinggi daripada mineral lain dalam jus ini, yang merupakan kabar baik bagi kesehatan jantung Anda. Kalium adalah vasodilator, yang berarti dapat membantu menurunkan ketegangan di pembuluh darah dan pembuluh darah Anda. Ini juga membantu mengurangi tekanan dan tekanan pada sistem kardiovaskular. Jus apel juga mencegah pembentukan kolesterol di arteri Anda, yang sering menjadi alasan utama serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Mengobati Asma

Ada beberapa zat antiinflamasi dan anti alergi yang ditemukan dalam jus apel yang dapat menenangkan sistem pernapasan dan mengurangi iritasi pada tenggorokan dan paru-paru, membantu meredakan serangan asma dan mencegah infeksi pernapasan.

Mengobati Sembelit

Salah satu zat yang kurang dikenal dalam apel disebut asam malat, yang dapat meningkatkan tingkat pencernaan dan mendukung fungsi hati. Dalam kombinasi dengan serat dan mineral perangsang lainnya dalam jus apel, jus ini dapat dengan cepat menghilangkan gejala sembelit, kram, kembung, dan diare. Ini juga mengandung sorbitol yang membantu menghaluskan saluran pencernaan, dengan mengekstraksi air dari usus besar dan mendorongnya ke usus besar, sehingga memudahkan pergerakan tinja.

Sebagai Antikanker

Karena adanya vitamin, serat, dan phytochemical tertentu seperti flavonoid, apel, dan beberapa produk yang berasal darinya, dikemas dengan sifat antioksidan. Ini ditunjukkan dalam makalah 2014 berjudul, “Aktivitas kemopreventif apel terhadap karsinogenesis: aktivitas antioksidan dan kontrol siklus sel”.

Melalui penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Planta Medica, disarankan bahwa apel setiap hari dapat membuat dokter menjauh! Berdasarkan studi kasus-kontrol, makalah ini membentuk hubungan potensial antara konsumsi apel reguler dan pengurangan risiko terkena kanker.

Perawatan kulit

Dikemas dengan antioksidan dan vitamin C, jus apel sangat bermanfaat bagi kulit. Ini membantu mengurangi jerawat, peradangan, bekas luka, dan kerutan. Juga dikenal untuk mencegah penuaan dini. Dengan membantu dalam produksi kolagen, minuman ini membuat kulit lembut dan sehat.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam jus ini membantu mempertajam penglihatan dan mencegah perkembangan penyakit mata apa pun.

Mencegah Osteoporosis

Karena adanya vitamin C, boron, zat besi, dan mineral lainnya dalam jus apel, diketahui meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Perawatan Rambut

Apel mengandung senyawa yang disebut procyanidin B-2, yang bertanggung jawab untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan menambahkan kilau pada rambut Anda. Senyawa inilah yang membuat jus apel bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Sebagai Diuretik

Jus apel adalah diuretik, membantu Anda membuang kelebihan air di tubuh Anda. Ini berarti ia meningkatkan buang air kecil dan mencegah pembengkakan dan kembung.
ISK

Dengan menyeimbangkan tingkat pH tubuh Anda, jus apel mencegah pertumbuhan bakteri penyebab ISK dalam tubuh Anda, sehingga mencegah kemungkinan infeksi saluran kemih.

Tingkatkan estrogen

Penuh dengan bahan kimia yang disebut phytoestrogen, jus apel memastikan bahwa kadar estrogen Anda tidak turun, sehingga mengatur menstruasi, reproduksi, dan fitur lainnya di kalangan wanita.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jus apel memiliki jumlah vitamin C yang menonjol, yang merupakan komponen kunci dari sistem kekebalan tubuh. Vitamin C tidak hanya merangsang sistem kekebalan tubuh tetapi juga berfungsi sebagai senyawa antioksidan yang dapat mencegah stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Lindungi Kesehatan Otak

Antioksidan dikenal lebih dari potensi mereka untuk melindungi terhadap kanker. Zat-zat ini mencegah stres oksidatif di bagian lain dari tubuh, seperti otak.

Menurut sebuah studi komprehensif 2011 oleh Dianne A. Hyson, California State University, jus apel mungkin memiliki potensi untuk menurunkan risiko Alzheimer. Lebih lanjut, ini dapat membantu mencegah penipisan asetilkolin, neurotransmitter yang menurun seiring bertambahnya usia. Studi lain yang dilakukan pada tahun 2010 menunjukkan bahwa antioksidan yang terdapat dalam jus buah ini dapat membantu meringankan gejala penyakit neurologis.

Meningkatkan Metabolisme

Penelitian jangka panjang telah mengaitkan konsumsi jus apel dengan lingkar pinggang yang lebih kecil, kadar lemak tubuh yang lebih rendah, kadar kolesterol yang lebih rendah, peluang lebih rendah terkena diabetes dan tekanan darah rendah, yang semuanya merupakan faktor risiko yang dikenal sebagai sindrom metabolik. Untuk alasan ini, jus apel dapat membantu mengoptimalkan metabolisme Anda dan melindungi jantung Anda.

Meningkatkan fungsi hati

Seperti disebutkan, asam malat dapat meningkatkan fungsi hati. Jus apel, bila dikombinasikan dengan air dalam jumlah besar, dapat merangsang buang air kecil dan meningkatkan pelepasan garam dan lemak berlebih dari tubuh. Kandungan alkali yang tinggi dalam jus ini juga membantu membuang toksin dan menjaga keseimbangan pH yang baik dalam tubuh, sehingga bertindak sebagai pembersih hati.

Efek samping dari Jus Apel

Apple memiliki manfaat luar biasa dan memiliki profil nutrisi yang hebat, tetapi terlalu banyak jus ini dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk:

    • Masalah gastrointestinal: Kelebihan jus apel dapat berbagai masalah perut mulai dari diare hingga sembelit, serta perut kembung yang berlebihan.
    • Risiko batu ginjal yang lebih tinggi: Hal ini disebabkan oleh adanya oksalat, yang dapat memperburuk masalah ginjal yang sudah ada sebelumnya.
    • Risiko diabetes yang lebih tinggi: Dengan kadar gula yang relatif tinggi, penting untuk minum jus apel dalam jumlah sedang, terutama untuk pasien yang sudah menderita diabetes.

      Setelah mengatakan semua hal di atas, 1-2 gelas jus apel per hari dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa!

      Be the first to comment

      Leave a Reply

      Your email address will not be published.


      *