Manfaat Luar Biasa dari Teh, Jus dan Minyak Kismis Hitam

Loader Link – Minum teh dan jus kismis hitam adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, tetapi Anda juga harus memahami berbagai manfaat kesehatan yang terkait dengan teh buah ini.

Apa itu Teh Kismis Hitam?

Teh blackcurrant adalah minuman herbal yang diseduh dari beri beraroma semak blackcurrant, yang secara ilmiah dikenal sebagai Ribes nigrum. Selama berabad-abad, buah dari tanaman ini, serta daunnya, telah digunakan untuk menyeduh teh yang kuat dengan berbagai nutrisi dan bebas dari kafein.

Anda dapat menggunakan buah kering atau daun cincang, yang keduanya akan menyediakan banyak antioksidan dan bahan aktif lainnya, seperti vitamin C, tanin, dan asam gamma-linolenat.

Manfaat Kesehatan Teh Kismis Hitam

Manfaat utama dari teh ini termasuk kemampuannya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, dan mendorong tidur, antara lain.

  • Vitamin C tinggi
  • Aktivitas antioksidan
  • Sifat antivirus dan antibakteri.
  • Mengurangi peradangan di seluruh tubuh
  • Melindungi kulit terhadap berbagai kondisi
  • Menginduksi tidur dan mencegah insomnia
  • Meningkatkan mood
  • Mengatur hormon
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mengoptimalkan fungsi pencernaan
  • Potensi antikanker
  • Mengobati pilek dan flu serta infeksi
  • Meningkatkan daya ingat
  • Mencegah infeksi saluran kemih (ISK)

Bagaimana membuat Teh Kismis Hitam?

Membuat teh kismis hitam Anda sendiri di rumah dimungkinkan jika Anda mengikuti instruksi sederhana ini!

  • Langkah 1: Gunakan 2 sendok teh daun cincang atau satu sendok teh buah-buahan kering.
  • Langkah 2: Tambahkan air panas ke dalam campuran dan biarkan mendidih selama 3-4 menit.
  • Langkah 3: Saring daun teh dan nikmatilah, tambahkan madu seperlunya, untuk rasa.

Efek samping Teh Kismis Hitam

Minum terlalu banyak teh ini dapat menyebabkan sejumlah efek samping, seperti berikut ini:

  • Komplikasi kehamilan
  • Sulit tidur
  • Masalah pencernaan
  • Potensi gangguan perdarahan

Menambahkan jus kismis hitam ke dalam diet harian Anda adalah cara yang bagus untuk menambah kegembiraan dalam permainan jus Anda, sambil juga meningkatkan kesehatan Anda dalam sejumlah cara yang tidak terduga!

Apa itu Jus Kismis Hitam?

Jus kismis hitam berasal dari tanaman kismis hitam (Ribes nigrum), sejenis semak asli Eropa dan Asia. Ini digunakan dalam berbagai produk komersial, dari minuman keras hingga jeli dan sirup. Secara tradisional, minuman ini dikenal karena khasiat obatnya dan kini telah kembali lagi ke dunia makanan kesehatan modern, di mana ia dihargai karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Berry blackcurrant berwarna ungu kecil dan gelap, dengan rasa pedas, astringen, dan jusnya membuat minuman yang beraroma, kaya, dan menyegarkan.

Manfaat Jus Kismis Hitam

Manfaat utama jus kismis hitam termasuk kemampuannya untuk memperkuat kesehatan kekebalan tubuh, mencegah peradangan, meningkatkan penglihatan, dan mencegah penuaan dan penyakit kronis.

Sistem kekebalan tubuh

Jus kismis hitam dikemas dengan vitamin C, mengandung empat kali jumlah vitamin C sebagai jeruk. Ini memiliki kandungan antioksidan dua kali lipat dari blueberry, dan vitamin E dosis tinggi, dan vitamin B1, B6, dan B5.

Untuk Kesehatan Kulit

Jus kismis hitam dikemas dengan vitamin C, yang sangat penting untuk membuat kolagen, protein yang memperbaharui sel-sel kulit dan mencegah penuaan. Vitamin C juga penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, penyerapan mineral seperti zat besi, dan mempertahankan tulang dan tulang rawan yang kuat.

Menyehatkan Penglihatan

Vitamin A dalam jus yang tidak biasa ini dianggap membantu mencegah degenerasi dan gangguan mata. Ini mengandung GLA (asam gamma-linolenat) dan asam linoleat, yang dapat mencegah mata kering kronis, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi pembuluh darah.

Memperlancar Peredaran darah

Kismis hitam telah terbukti meningkatkan sirkulasi darah pada atlet dan membantu pemulihan setelah kerusakan otot. Ini juga membantu mengurangi penumpukan plak dalam sistem kardiovaskular, menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Menurunkan Peradangan

Jus kismis hitam telah membantu pasien yang menderita rheumatoid arthritis. GLA juga telah terbukti memiliki manfaat anti-inflamasi dan dapat menghilangkan rasa sakit dan gejala nyeri sendi dan nyeri otot. Itu juga dianggap anti-virus.

Cegah Risiko diabetes

Jus ini sering disarankan sebagai suplemen bagi mereka yang menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. Indeks glikemiknya yang rendah menyebabkan gula dari jus kismis hitam diserap perlahan ke dalam aliran darah, mencegah crash.

Efek samping Jus Kismis Hitam

Ada beberapa efek samping jika Anda mengonsumsi minuman ini.

  • Pembekuan Darah: Pasien yang menggunakan obat untuk gangguan pendarahan harus menghindari jus kismis hitam, karena dapat memperlambat pembekuan darah. Jangan mengambil dua minggu sebelum operasi yang dijadwalkan, karena alasan yang sama.
  • Kehamilan: Wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya tidak menggunakan jus kismis hitam.

Banyak orang menggunakan minyak kismis hitam karena kandungan vitamin dan antioksidannya yang tinggi, yang dapat memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa.

Apa itu Minyak Kismis Hitam?

Minyak kismis hitam terbuat dari biji tanaman kismis hitam yang secara ilmiah dikenal sebagai Ribes nigrum. Minyak yang banyak digunakan ini diekstraksi melalui metode ekstraksi dingin-menekan. Buah dari tanaman diketahui kaya akan polifenol dan vitamin, serta komponen aktif tertentu yang dapat mempengaruhi kesehatan neurologis dan kardiovaskular. Lebih khusus lagi, minyak biji ini mengandung asam gamma-linolenat, asam lemak omega-3 yang sangat penting yang memiliki banyak efek pada kesehatan secara keseluruhan.

Minyaknya berwarna kuning cerah, tetapi tidak berbau, yang agak unik untuk minyak biji. Ini sering digunakan sebagai minyak obat, bukan sebagai bahan kuliner, terutama karena bisa mahal, dan asupan minyak yang berlebihan dapat memiliki efek samping negatif. Namun, ketika digunakan secara bertanggung jawab, oli ini harus memberikan hasil positif bagi sebagian besar pengguna.

Manfaat Minyak Kismis Hitam

Penggunaan minyak kismis hitam memberikan banyak manfaat dan beberapa yang penting termasuk:

  • Meredakan nyeri artritis
  • Memperkuat kekebalan tubuh
  • Mengurangi keparahan gejala menstruasi
  • Menurunkan tekanan darah
  • Perawatan kulit
  • Perawatan Rambut
  • Membantu mengobati jerawat
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Mari kita bahas secara rinci di bawah ini.

Kurangi Radang sendi

Kandungan antosianin yang kaya, asam gamma-linolenat (GLA), dan asam lemak omega 6 dalam minyak membantu mengurangi peradangan, nyeri sendi, dan nyeri yang berkaitan dengan artritis. Ini juga efektif untuk mengurangi kekakuan, nyeri, dan kerusakan pada tubuh.

Perawatan kulit

Dengan kadar asam lemak omega-3 yang tinggi, minyak ini adalah obat yang ideal untuk kulit. Asam gamma-linolenat terkenal untuk mengurangi peradangan di kulit, sementara juga meminimalkan tanda-tanda penuaan, berkat kualitas antioksidannya. Ini dapat mengurangi munculnya keriput, bintik-bintik penuaan, dan noda.

Sistem kekebalan tubuh

Minyak ini dikenal dapat mempercepat proses penyembuhan dan mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi peradangan kronis di seluruh tubuh.

Atasi Rambut rontok

Ketika Anda mengoleskan minyak ini ke rambut Anda, berbagai antioksidan dan komponen pelembab akan membuat kunci Anda penuh dan sehat kembali. Ini dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan infeksi apa pun yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, sekaligus memperkuat rambut yang Anda miliki dan mengurangi gejala ujung bercabang.

Kesehatan jantung

Minyak blackcurrant kaya akan kalium dan GLA, yang membantu mengurangi tekanan darah, sehingga meningkatkan kesehatan jantung. GLA hadir dalam minyak ini membantu menurunkan penggumpalan trombosit di pembuluh darah dan juga mencegah kerusakan sel di jantung. Ini juga membantu dalam meningkatkan aliran darah jantung dan mengurangi resistensi perifer secara keseluruhan.

Kenyamanan Mata

Banyak orang yang menderita mata kering kekurangan asam lemak sehat dalam makanannya. Dengan sesekali menggunakan minyak ini dalam rejimen kesehatan Anda, Anda dapat membebaskan diri dari mata gatal kering sekali dan untuk semua.

Gejala PMS

Minyak ini mampu mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh, yang sangat penting bagi wanita yang sedang menjalani siklus menstruasi. Gejala pramenstruasi dapat meliputi perubahan suasana hati dan kram menyakitkan atau kembung, tetapi minyak ini dapat membantu meringankan efek samping yang umum tersebut.

Hilangkan Jerawat

Mengoleskan minyak kaya omega-3 ini secara topikal ke wajah adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi peradangan jerawat. Pastikan untuk mengencerkan minyak dalam minyak pembawa, dan kemudian oleskan minyak ke bagian kulit yang meradang. Ini dapat mempercepat penyembuhan dan menghilangkan infeksi bakteri yang mendasarinya.

Atur Tekanan darah

Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, minyak ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, karena kualitas anti-inflamasinya. Ini akan membantu melindungi Anda dari aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke, serta penyakit jantung koroner.

Kontrol Kolesterol

Minyak ini dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk) dalam tubuh, yang dapat menambah lapisan perlindungan kardiovaskular, dan juga mengurangi risiko sindrom metabolik.

Penggunaan Minyak Currant Hitam

Ada berbagai penggunaan minyak kismis hitam, tetapi ketika digunakan secara medis, dosis tipikal adalah sekitar 500 miligram dua kali sehari selama tidak lebih dari 2 bulan. Anak-anak harus mengambil setengah dari dosis orang dewasa, dan hanya di bawah pengawasan dan izin dokter.

Meskipun ada manfaat yang jelas untuk menggunakan minyak, penelitian tentang penggunaan yang diperpanjang dan teratur masih kurang, dan umumnya tidak disarankan, karena kemungkinan efek sampingnya. Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ini tentu saja sehat, tetapi jumlah berlebihan akan menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan.

Efek Samping Minyak Kismis Hitam

Seperti disebutkan, ada beberapa efek samping yang terutama terkait dengan konsumsi berlebihan minyak ini, termasuk yang berikut:

  • Komplikasi kehamilan
  • Gangguan pencernaan
  • Masalah pendarahan
  • Peradangan
  • Peningkatan risiko kanker prostat

Efek samping ini terutama dialami oleh orang yang mengonsumsi lebih dari jumlah yang disarankan, tetapi dalam beberapa kasus, ini dapat terjadi. Kualitas pengencer darah dari minyak ini baik, kecuali bila digunakan bersama dengan pengencer darah lainnya, karena ini dapat menyebabkan masalah pendarahan.

Jangan gunakan minyak ini sebelum menjalani operasi atau jika menderita tekanan darah rendah. Dan karena kurangnya penelitian tentang masalah ini, tidak diyakini aman untuk wanita hamil atau menyusui.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*