10 Manfaat Luar Biasa dari Minyak Kernel Apricot

Loader Link – Ada banyak bentuk minyak bermanfaat untuk tujuan kuliner dan terapeutik, tetapi minyak kernel aprikot adalah salah satu yang banyak orang bahkan tidak tahu ada. Namun, sebelum menambahkan minyak unik ini ke rejimen kesehatan Anda, penting bagi Anda untuk memahami dari mana asalnya dan manfaat potensial apa yang dimilikinya bagi kesehatan Anda, serta segala efek samping yang mungkin Anda alami.

Apa itu Minyak Kernel Apricot?

Seperti namanya dengan jelas, minyak biji aprikot berasal dari kernel (mis. Biji, lubang) aprikot, buah dari pohon aprikot, secara ilmiah dikenal sebagai Prunus armeniaca. Meskipun ada sejumlah spesies berbeda yang disebut aprikot, mereka memiliki profil nutrisi yang sangat mirip, seperti halnya minyak yang terkandung dalam kernel mereka. Dengan menggunakan metode pengepresan dingin, minyak kernel aprikot dapat dihilangkan dari lubang keras di tengah buah.

Minyak ini cukup ringan dan memiliki aroma aromatik yang gila, membuatnya menjadi tambahan yang populer untuk banyak upaya kuliner di bagian dunia tertentu. Dalam beberapa kasus, orang mengganti minyak almond dengan minyak kernel aprikot untuk keperluan memasak dan pengobatan. Ada konsentrasi minyak yang tinggi di setiap kernel dan kemungkinan telah digunakan selama ribuan tahun, mengingat beberapa aplikasi dalam pengobatan tradisional Cina. Ada dua varietas minyak kernel aprikot yang berbeda – satu digunakan untuk keperluan kosmetik dan yang lainnya untuk konsumsi kuliner. Minyak ini memiliki kadar vitamin E, vitamin K, dan sejumlah antioksidan yang kuat, seperti asam caffeic dan berbagai katekin, yang semuanya mengarah pada banyak manfaat kesehatan dari minyak ini.

Manfaat Kesehatan dari Minyak Kernel Apricot

Ada beberapa manfaat kesehatan penting dari minyak kernel aprikot, termasuk kemampuannya untuk melembabkan kulit, melindungi rambut, mengurangi gejala jerawat, dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker, antara lain.

Melembabkan Kulit

Ketika dioleskan, sifat emolien dari minyak kernel aprikot dapat membantu mengelupas dan melembabkan kulit, membantu mempertahankan kelembaban, menghilangkan bercak-bercak kulit kering, dan menghilangkan kondisi inflamasi, seperti rosacea, psoriasis, dan eksim.

Meningkatkan Kesehatan Rambut

Banyak orang menggunakan minyak ini pada rambut dan kulit kepala mereka, karena dapat membantu memperkuat helai rambut yang lemah dan meningkatkan kesehatan folikel rambut. Ini dapat mengurangi tingkat bahan kimia tertentu yang menumpuk di kulit kepala sebagai respons terhadap testosteron, yang dapat memperlambat pertumbuhan rambut dan bahkan menyebabkan rambut rontok. Mengoleskan minyak ini ke kulit kepala juga akan mengurangi kondisi peradangan di kulit kepala, seperti ketombe.

Sebagai Antikanker

Dikemas dengan antioksidan, minyak kernel aprikot mampu mengurangi stres oksidatif di kulit, yang merupakan kabar baik bagi orang-orang yang menderita penuaan dini atau memiliki keriput, kata sebuah studi yang diterbitkan oleh para peneliti dari Center of Excellence for Pharmaceutical Sciences, North- Universitas Barat, Afrika Selatan dalam Jurnal Molekul. Antioksidan ini dapat membantu mengencangkan dan mengencangkan kulit, mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan dan mencegah mutasi sel, yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Mengobati Jerawat

Mungkin sulit untuk menghilangkan jerawat, tetapi menekan gejalanya seringkali merupakan langkah pertama. Menerapkan minyak biji aprikot ke lokasi jerawat yang meradang dapat mengurangi peradangan dan mencegah penumpukan sebum di kelenjar, mengobati gejala dan masalah yang mendasarinya.

Meningkatkan Kesehatan Pernafasan

Dalam jumlah yang sangat kecil, beberapa penyembuh alami merekomendasikan penggunaan minyak kernel aprikot untuk meredakan gangguan pernapasan. Sejumlah kecil dapat dikonsumsi untuk merawat area tubuh ini, atau Anda dapat menambahkan minyak ini ke dalam pengencer aromatik untuk membantu meredakan peradangan pada saluran pernapasan.

Mengurangi Peradangan

Jika Anda menderita sakit kronis dan radang akibat kondisi seperti radang sendi atau asam urat, oleskan minyak ini pada area yang tidak nyaman dapat dengan cepat meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

Cara Penggunaan Minyak Kernel Apricot

Minyak khusus ini telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir dan telah mendapatkan banyak perhatian karena banyak aplikasi, termasuk penggunaan topikal, produk kosmetik, produksi biodiesel, dan sebagai masker rambut.

Untuk Alat Kosmetik

Anda akan sering menemukan minyak ini dicampur ke dalam kosmetik alami, termasuk pelembab, pengelupasan kulit dan masker wajah, karena ini dapat secara langsung berdampak pada kesehatan dan penampilan kulit wajah Anda.

Untuk Masker rambut

Ketika minyak ini dicampur dengan minyak pembawa lainnya, minyak ini dapat dibuat menjadi masker rambut dan dioleskan langsung ke kulit kepala dan kunci Anda. Ini seharusnya hanya dibiarkan duduk di kulit kepala selama 15-20 menit sebelum dicuci bersih dengan air hangat.

Kegunaan Topikal

Ada banyak kegunaan topikal minyak kernel aprikot, pada pelipis untuk sakit kepala, nyeri sendi dan otot untuk peradangan, dan perbaikan kondisi kulit di berbagai bagian tubuh.

Untuk Biodiesel

Beberapa penelitian telah dilakukan pada potensi penggunaan minyak kernel aprikot sebagai biodiesel, mengingat memiliki tingkat oksidasi yang sangat rendah, dan dapat segera menjadi sumber bahan bakar khusus yang berkelanjutan.

Efek samping Minyak Kernel Apricot

Ada beberapa efek samping yang perlu diwaspadai dengan minyak kernel aprikot, karena kandungan amygdalin dalam minyak lubang ini. Untuk penggunaan topikal, minyak kernel aprikot diketahui bermanfaat, tetapi ketika dikonsumsi secara internal, amygdalin akan diubah menjadi sianida dalam tubuh, yang dapat memiliki racun, dan bahkan konsekuensi fatal. Ketika minyak kernel aprikot digunakan dalam aplikasi kuliner, ia berada pada konsentrasi yang jauh lebih kecil yang membuatnya aman untuk dikonsumsi. Konsumsi minyak kernel aprikot yang berlebihan, dan dengan demikian amigdalin, dapat menyebabkan kegagalan pernapasan.